April 5, 2017

Mendesain kata (untuk iklan)

Baca Juga

Penggunaan kata  sangat penting dalam pembuatan karya desain. Pemilhan  kata yang tepat akan sangat membantu audiens untuk memahami pesan yang ingin kita sampaikan  melalui desain yang kita buat. Salah satu karya desain yang sarat akan muatan pesan diantaranya iklan.
Beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan dalam pembuatan sebuah iklan adalah pesan,  target sasaran,  format,  bentuk huruf dan elemen visual.

Dalam sebuah iklan pesan yang disampaikan haruslah bersifat spesifik, dapat mengkomunikasikan titik penjualan, keunggulan akan sebuah produk, bagaimana produk itu dibuat, dari bahan apa dan sebagainya. Pesan di sini bisa berupa informasi untuk audiens atau ajakan kepada audiens untuk melakukan sesuatu terhadap produk yang kita iklan kan.


Target sasaran bisa penonton atau pembaca yang sengaja di bidik dengan pesan tersebut secara langsung.  Semakin kita memahami siapa yang kita hadapi,  tentunya akan memudahkan pesan pada iklan kita tepat sasaran. Seorang desainer  harus mampu mempertimbangkan referensi kolektif,  trend,  cita rasa dan pendapatan target sasaran kita.

Format merupakan tempat di mana kata di rancang yang menjadi sebuah media pesan anda. Bentuk kata merupakan bagian dari gaya atau bentuk dari masing masing huruf secara individu dari alfabét.  Elemen visual dapat berupa foto,  ilustrasi,  grafik dan elemen grafis lainnya yang digunakan sebagai pelengkap.

Desain dengan kata harus selalu menyampaikan  pesan yang spesifik.  Kata tersebut harus menarik perhatian dan mudah diingat.  Karena kata adalah seribu gambar sehingga dibutuhkan keahlian untuk mampu meramu sebuah kata kata yang yang mudah di ingat dan menarik perhatian pembacanya. Seperti dalam iklan mie instan di bawah ini



Ketika membuat sebuah desain kita harusnya mempertimbangkan format,  kata di rancang agar mudah dibaca perhatikan faktor jarak,  khususnya pada poster atau billboard. Kadangkala seorang pembaca cenderung untuk membaca elemen yang terbesar,  baru kemudian yang terkecil,  oleh sebab itu penting kira nya kita mempertimbangkan untuk menggunakan hirarki visual. Susunan kata pun harus menyempurnakan kemudahan dibaca, spasi huruf,  spasi kata dan spasi garis mudah dibaca, komunikatif dan ekspesif, mampu membangun sebuah ritme sehingga pembaca dapat membaca pesan dengan jelas. Pertimbangkanlah bentuk huruf,  pergunakan huruf asli,  hilaa perlu kita pikirkan hubungan positif/ negatif spasi dengan kesesuaian pesan dan pembaca. Pemilihan warna pun sangat berpengaruh sehingga tidak menghalangi kemampuan baca dari penonton.



Untuk melakukan pencampuran permukaan teks,  sesuaikan dengan etnis terhadap pesan,  kontras,  bobot,  skala dan hirarki visual.  Bila memungkinkan hindari sesuatu yang baru atau tipe huruf yang dekoratif,  pergunakanlah tipe huruf yang familiar. (bersambung)


1 comment:

  1. ini nih gan yang pengin saya pelajari lebih dalam.

    ReplyDelete