March 29, 2017

Reset Printer Epson Series L360


Printer Epson L360 merupakan printer infus asli keluaran Pabrik Epson, yang memberikan performa kualitas cetak beresolusi tinggi yakni 5760 dpi. Dengan kecepatan cetak yang bias diandalkan sampai 33 ppm untuk print black and colour, ditambah biaya produksi yang murah, maka tak heran jka printer ini banyak dipakai untuk keperluan bisnis.

Termasuk dalam kategori jenis printer multifungsi, padanya telah di tambahkan tombol dengan fungsi scan dan copy, sehingga proses scan dan copy dapat berlangsung dengan cepat. Hasil scan nya pun cukup tajam, hanya proses scan yang menurut saya cukup ribet jika dibandingkan dengan menggunakan scanner biasa. Copy bisa berwarna dan hitam putih tinggal pijit tombol print yang terletak tepat di antara tombol indicator lampu. Cara pengisian tintapun sangat mudah sekali tanpa belepotan pada tangan kita.


Terlepas dari kecanggihan dan kemudahan dari printer Epson L360 ini ternyata satu penyakit yang dari seri terdahulu yakni selain pada roll penarik kertas, juga pada kondisi tertentu printer ini suka mengalami (istilahnya) Blinking. Kondisi dimana si-Printer "ngadat" tidak mau ngeprint, padahal kita sangat dikejar deadline, dengan ditandai berkedipnya secara bersamaan indicator lampu LED merah dan hijau. Kalau sudah begini susah deh... Kenapa bisa demikian??? ini menurut kawan saya : Epson menggunakan indikator Epson Protection Counter untuk menentukan akhir masa pakai.

Epson Protection Counter adalah pengukur tinta buangan. Di dalamnya terdapat alat penghitung (counter). Counter akan menghitung kapasitas tinta buangan dalam tangki penampung khusus.
Cara kerja penghitung (counter) ini sebenarnya mudah dipahami. Saat printer melakukan proses head cleaning, secara otomatis tinta akan disemprotkan melalui head untuk membersihkannya. Lalu, Tinta itu akan dibuang kedalam tangki penampung. Bila kita semakin sering membersihkan head printer maka kapasitas tinta buangan dalam tangki akan terus  bertambah sampai akhirnya penuh. Seiring dengan dilakukannya proses head cleaning, counter pun akan menambah hitungan  kapasitas tangki penampung tinta buangan tersebut. Jika counter telah menyatakan  bahwa kapasitas tangki penampung tersebut telah penuh, maka printer kita  tidak akan bisa  mencetak lagi, ya itu tadi,,, sering disebut blinking..karena ditandai dengan berkedipnya lampu indicator merah dan hijau secara bersamaan.

Lalu bagaimana kalau sudah begini??. Biasa nya si L360 ini bias sembuh lagi dengan menggunakan software resetter, tujuannya untuk mengembalikan Epson Protection Counter ke posisi nol. Caranya pun terbilang sangat mudah untuk Softwarenya bias anda Download di bawah ini






Caranya :

1. Download dulu file di atas, trus extract filenya...
2. Buka Foldernya.....selanjutnya simak aja video di bawah ini......semoga sukses yah...



No comments:

Post a Comment