March 28, 2017

Fokus


Akhirnya kesampaian juga bikin postingan untuk blog ini setelah cukup lama vakum karena kesibukan guwe. Pada postingan kali ini guwe mau berbagi sedikit tentang hal hal yang perlu kita perhatikan untuk lebih memberikan "sentuhan" khas dari hasil karya desain kita. Tujuan nya agar khalayak yang melihat desain kita "memahami" pesan yang akan kita sampaikan pada desain kita, atau dalam istilah sekarang jangan sampai khalayak "gagal fokus" terhadap pesan yang ingin kita sampaikan. Maksud hati ingin menyampaikan pesan pentingnya memberikan ASI bagi bayi yang baru lahir, tapi karena "gagal fokus" khalayak jadi melihat seorang ibu ibu seksi dengan bagian atas terbuka yang memperlihatkan..... wah....gawat deh....(glek...#sensor)
 

1. Hirarki

Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus di fokuskan atau diarahkan pada satu titik.



Beberapa tahap fokus adalah :

- Dominant : adalah objek yang paling menonjol dan paling menarik

- Sub dominant : adalah objek yang mendukung penampilan objek dominant

- Sub ordinate  adalah objek yang kurang menonjol, bahkan tertindih oleh objek dominant dan sub dominant...contohnya pada desain adalah background..

2. Kontras

Kontras adalah penekanan karena ada perbedaan drastis/ konflik pada komponen desain grafis. Misal kontras warna hitam dan putih, kotras garis tebal dan tipis, kontras huruf besar dan kecil...

Published with Blogger-droid v2.0.4

No comments:

Post a Comment