February 19, 2011

Model Layout Untuk Majalah (2)

Masih membahas tentang Layout majalah, maklum saya belum sempat menuangkannya dalam postingan dikarenakan masih banyak kerjaan yang musti saya selesaikan.Postingan kali inipun belum tuntas, tapi tak apalah pada akhhirnya nanti saya akan selesaikan beberapa model layout untuk majalah sebagai bahan atau sumber inspirasi bagi sobat-sobat dalam menata sebuah karya tulis.

Desain Modern


Muncul di era modern ( tahun 70-an ke atas ) dan masih dominan hingga sekarang. Pada model desain ini sudah mulai berani meninggalkan batasan-batasan lama seperti kolom tunggal yang cukup panjang. Untuk mengimbangi panjangnya kolom, leading ( jarak antar baris ) dibuat longgar. Ada upaya maksimal untuk menarik perhatian pembaca dengan menonjolkan unsur visual, like display multiple images. Termasuk juga alat bantu tipografi, seperti unsur garis tebal yang berguna untuk memberikan stressing pada bidang publikasi. Pemakaian blank space telah mulai memperoleh porsi yang cukup. Namun demikian, harus disadari publikasi jenis ini diterbitkan dengan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dua desain yang dijelaskan terdahulu. Indikasinya, Pemakaian jumlah halaman yang lebih banyak untuk jumlah teks yang sama. Proses produksi untuk menghasilkan publikasi bergambar ( dengan unsur raster ) yang lebih banyak, diperlukan mesin cetak dengan kualitas yang lebih baik.


Desain Technical



Cocok untuk orang yang berselera praktis dan untuk memuat hal-hal yang bersifat teknis. Kolomnya rata-rata sempit dan tidak memuat teks yang terlalu panjang. Pada model desain jenis ini ruang kosong yang tersedia sangat banyak, berguna untuk mengarahkan fokus pada isinya. Gambar terpasang secara simetris pada bagian halaman-halaman yang memberikan kesan balance. Readers who liked the layout like this, usually do not read the publications in order. Ia cenderung mencari-cari the preferred topic, baik dengan membuka halaman demi halaman maupun dengan melihat daftar isi. Oleh karenanya, penomoran halaman yang jelas dan cenderung menonjol is necessary. Sekalipun pada contoh ini, dari dua halaman cukup diperlukan satu nomor halaman genap. Sebab setelah menangkap nomor halaman ini, 21, tanpa melihat nomor berapa di sebelahnya, pasti yang sebelah kanan adalah halaman 22. Itulah sifat orang-orang teknik "that always focuses on logic".

Baca juga Postingan yang berhubungan :
Desain Konvensional
Desain Klasik

2 comments:

  1. ditunggu sambungannya gan....

    ReplyDelete
  2. maaf mas kalau penulisan skripsi menggunakan model yang mana yah?

    ReplyDelete