March 31, 2010

Gaya dalam Pelaksanaan Pesan Iklan


Dalam pelaksanaan pesan, empat hal yang diperhatikan oleh tim kreatif yaitu gaya, nada, kata, dan format. Gaya terdiri dari menjual langsung, potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, citra, musik, simbol kepribadian, keahlian teknis, bukti ilmlah, bukti kesaksian, demonstrasi, perbandingan, animasi, humor dan kombinasi

Menjual Langsung ( Straight Sell )
Gaya menjual langsung tertuju langsung pada informasi produk. Iklan Susu anak biasanya melakukan penjualan secara langsung untuk memperkenalkan produknya.



Potongan Kehidupan ( Slice of Life )

Potongan Kehidupan umumnya didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari. Pengiklan menunjukkan bahwa produk yang diiklankan adalah pemecah masalah. Pengiklan menyukai gaya ini karena percaya bahwa gaya ini efektif menyajikan situasi yang sebagian besar konsumen mendapatkan dari kelebihan produk tersebut.
Iklan Shampo Sunsilk atau Clear menggunakan iklan dengan mengutip potongan kehidupan sehari-hari, lalu memberikan solusi pemecahannya melalui produk yang ditawarkan.

Gaya Hidup ( Life Style )

Gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Iklan Lee Jeans menggunakan eksekusi gaya hidup. Iklan yang berjudul “Behind The Scenes” tersebut mengilustrasikan seorang bergaya Sutradara memakai Lee Jeans dan yang bergaya Koordinator. Kedua Iklan yang dibuat oleh Mc Cann-Erickson Stockholm tersebut mendapat penghargaan Epica 2003.


No comments:

Post a Comment