August 25, 2009

Melakukan Tracing di Adobe Illustrator CS2

Trace berarti menelusuri, dalam program pengolah gambar vector seperti Coreldraw atau Adobe Illustrator Tracing berarti merubah gambar bitmap menjadi gambar vector. Sehingga gambar fotowajah kita yang sudah di scan dapat kita convert menjadi gambar vector dan dapat dimodifikasi menjadi design yang kreatif, banyak dipergunakan untuk sablon kaos, mug dan sticker.
Pada program Adobe Illustrator proses tracing dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas live trace, untuk melakukannya berikut langkah-langkah melakukan tracing di Adobe Illustrator :
1. Import gambar yang sudah di scan, dengan memilih File > Place… pilih gambar



2. Atur posisi gambar



3. Pilih Object > Live Trace > Trace Options…, tentukan nilai Presets = Default, Mode = Black and White, Treshold = 128
Dalam latihan ini kita mengambil mode Black and White, agar hasil yang didapat dari proses tracing yakni hasil akhir Black & white.
Pilih Trace



4. Sampai di sini objek sudah konvert, namun masih dalam bentuk bitmap. Untuk merubah ke bentuk vector, gambar harus di expand, caranya pilih menu Object > Live Trace > Expand



5. Gambar sudah di trace.Namun masih ada warna latar belakang yang menghalangi sehingga seakan gambar tidak berdiri sendiri. Untuk menghilangkan warna latar aktifkan gambar pilih ungroup untuk memecah group pada gambar. Klik pada belakang gambar, pilih menu Sellect > Same > Fill color.




No comments:

Post a Comment