July 7, 2009

Belajar Flash : Membuat Button

Pada Flash terdapat beberapa pilihan dalam mengedit atau merubah warna objek. Bisa dengan menggunakan kontrol warna pada Toolbox, Property Inspector, Color Mixer, paint Bucket tool, atau Eyedropper tool. Masing-masing bisa dipergunakan tergantung keinginan kita. Prinsip dalam mengerjakan suatu pekerjaan kita ambil jalan termudah dan tercepat, untuk mengefisienkan waktu kita.

Kontrol Warna Pada Toolbox

- Klik segitiga pada a untuk mengedit warna stroke (garis)
- Klik segitiga pada b untuk mengedit warna fill (isi)

Button
Button (Tombol) merupakan salah satu bentuk symbol yang cukup banyak digunakan pada animasi flash. Fungsi dan Penggunaan Button dalam flash tidak jauh berbeda dengan button yang ada pada aplikasi komputer yang sering kita jumpai. Dalam Flash kita dapat menggunakan/ membuat bermacam jenis button dengan bentuk dan animasi yang lebih menarik.

Flash telah menyediakan button yang terdapat dalam Common Library melalui menu Window > Other Panels > Common Libraries > Button


Membuat Button
1. Buat Dokumen baru menu File > New
2. Klik Rectangle Tool, buat kotak dengan sudut tumpul.
3. Buat sebuah kotak



4. Atur warna gradient pada color mixer
5. Aturlah alignment Instance kotak ditengah-tengah stage, caranya klik Modify > Align > To Stage
6. Klik Sellection tool, klik objek pada stage
7. Ubah objek tersebut menjadi Symbol Button, melalui Modify > Convert to Symbol (F8)
8. Pada kotak dialog Convert to Symbol, ketikkan nama symbol pada bagian name dan pilih jenis Behavior : Button



9. Klik dua kali Symbol Button pada stage, sehingga muncul sebuah jendela pengeditan yang baru yang terdiri dari empat State pada header timeline
10. Klik ikon Add new Layer dan buatlah sebuah layer baru di atas layer 1, beri nama label. Ubah nama layer 1 dengan nama Button
11. Klik State Up pada layer Label
12. Buatlah teks “Klik Aku” menggunakan Text Tool . Atur Atributnya pada property Inspector
13. Klik teks ”Klik Aku” pada stage. Tekan tombol ctr + Alt + 2 dan Ctrl + Alt + 5 pada keyboard untuk menempatkan teks tepat di tengah-tengah stage
14. Klik kanan State Over pada layer Label, dan pilih menu Insert Keyframe pada menu pop-up yang muncul
15. Ulangi langkah di atas pada State Over pada layer Button, sehingga hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini



16. Klik State Over pada layer Button. Gantilah warna Fill Button tersebut menjadi merah melalui panel Color Mixer

17. Klik Ikon Scene 1 di atas Timeline untuk kembali ke Stage Utama
18. Untuk mengetahui hasilnya, jalankan animasi dengan tekan enter pada keyboard
19. Hasilnya akan tampak seperti pada Gambar di bawah ini. Pada saat kita menggerakkan pointer mouse di atas Button, maka warna Button akan berubah menjadi merah.



No comments:

Post a Comment