March 28, 2009

Mendesain Kata Pada Sebuah Iklan


Mendesain kata pada sebuah Iklan memegang peranan penting, karena di dalamnya kita harus mempertimbangkan beberapa factor seperti pesan itu sendiri, target sasaran, format, bentuk huruf dan elemen visual lainnya.. Keberhasilan seorang copy writer dalam mendesain kata terbukti menjadikan iklan yang dibuat lebih populer dan menjadi trend tersendiri di masyarakat.

Pesan yang dibuat dalam pembuatan iklan harus spesifik, artinya dapat mengkomunikasikan titik penjualan, manfaat produk, keunggulan produk, keunggulan pelayanan, bahan-bahan dari produk dan sebagainya yang bisa merupakan informasi kepada khalayak tentang produk yang dijual.

Target sasaran perlu kita definisikan, karena didalamnya kita bisa mempelajari tentang karakteristik si”penerima pesan” Mempelajari target sasaran sama artinya kita mempelajari siapa yang akan kita hadapi, sehingga tergambar tentang cita rasa, referensi kolektif dan pendapatan dari target sasaran kita.

Format merupakan permukaan tempat kata dirancang atau media pesan kita. Pelajari berapa ukurannya, kata-kata apa yang sesuai dengan gambar yang dipegunakan , letak dan keserasian.

Bentuk huruf merupakan bagian dari gaya masing-masing huruf secara individu dan alphabet. Pertimbangkan jenis huruf yang sepadan dengan target sasaran kita.Secara umum pergunakan huruf yang mudah dibaca. Ukuran serta style huruf pun jangan luput dari perhatian kita.

Sedangkan untuk elemen visual berupa foto, ilustrasi dan grafik akan kita bahas pada postingan yang akan datang……


Bookmark and Share



No comments:

Post a Comment