January 29, 2009

Pemilihan Kata dan Pengaturan Format dalam Mengeksekusi Iklan

Pemilihan kata mengambil peranan penting dalam mengeksekusi sebuah iklan. Banyak kita temukan kata-kata yang menjadi booming di masyarakat berawal dari sebuah iklan. Pemilihan kata yang mudah diingat, lucu, dan menarik perhatian menjadi modal penting bagi sebuah iklan agar dikenal di masyarakat. Iklan seperti : ” Inovasi Tiada Henti ” (Suzuki), ”.......satu lagi dari mayora......” (Mayora), ”.....pake hitam ???......siapa takut !!!!....” (Clear), dan masih banyak lagi......itu semua merupakan hasil karya besar dari seorang copy writer dengan merancang kata-kata yang pas dan menarik perhatian agar pesan yang disampaikan dikenal luas di masyarakat.

Elemen-elemen format seperti, warna, ukuran dan ilustrasi iklan membuat tampilan iklan tampak berbeda dan memberikan dampak yang positif terhadap iklan maupun dalam pembiayaan iklan itu sendiri. Sedikit penataan ulang terhadap elemen-elemen mekanis dalam iklan dapat meningkatkan kemampuan menarik perhatian. Penggunaan ilustrasi full color, akan memberikan sentuhan efektif dari pada iklan yang ditampilkan dalam ilustrasi black and white, walaupun terkadang berdampak pada pengeluaran biaya yang lebih tinggi. Dengan merencanakan elemen-elemen secara maksimal, tujuan penyampaian yang maksimal akan bisa diperoleh. Tahukah anda,... bahwa berdasarkan penelitian, gerakan mata menunjukkan bahwa konsumen dapat diarahkan ke suatu iklan dengan penempatan elemen-elemen dominasi iklan secara strategis.....

No comments:

Post a Comment