January 8, 2009

Belajar Flash : Menggunakan Warna dan Layer


Pada Flash terdapat beberapa pilihan dalam mengedit atau merubah warna objek. Bisa dengan menggunakan kontrol warna pada Toolbox, Property Inspector, Color Mixer, paint Bucket tool, atau Eyedropper tool. Masing-masing bisa dipergunakan tergantung keinginan kita. Prinsip dalam mengerjakan suatu pekerjaan kita ambil jalan termudah dan tercepat, untuk mengefisienkan waktu kita.

Kontrol Warna Pada Toolbox



- Klik segitiga pada a untuk mengedit warna stroke (garis)
- Klik segitiga pada b untuk mengedit warna fill (isi)


Kontrol Warna Pada panel Property Inspector
1. Pilih objek yang akan di edit
2. Klik menu Window > Properties untuk menampilkan Property Inspector.
3. Ubah warna Stroke dan Fill pada bagian yang dilingkari pada gambar di bawah ini




Kontrol Warna Menggunakan Color Mixer

Klik menu Windows > Design Panels > Color Mixer, untuk mengedit warna sesuai dengan warna yang pas seperti yang kita inginkan




Kontrol Warna Menggunakan Ink Bottle Tool
Ink Bottle tool digunakan untuk mengubah warna Stroke, jenis dan tingkat ketebalan garis atau outline. Warna yang dapat digunakan untuk garis, hanya warna solid, buka warna gradient atau bitmap.

Kontrol Warna Menggunakan Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool digunakan untuk mewarnai objek yang memiliki area tertutup maupun yang tidak tertutup.Dapat menggunakan warna solid, gradient maupun bitmap untuk mewarnai objek
Caranya dengan memilih warna yang kita inignkan pada objek lain lalu klik dengan Paint Bucket tool pada objek atau gambar yang ingin kita ubah warnanya.

Kontrol Warna Menggnakan Eyedropper
Eyedropper digunakan untuk mengambil contoh warna dari objek tertentu dan menyimpannya pada control warna Fill atau Stroke.


No comments:

Post a Comment