December 9, 2008

Tentang Desain Grafis (3)

Dalam pembuatan sebuah karya grafis, penataan layout memiliki peranan yang sangat penting. Sebuah karya grafis yang bagus hanya akan menjadi ” bungkus kacang goreng ” jika ditata dengan penataan yang salah.

Ada baiknya kita mengenal beberapa prinsip dasar dalam penataan layout, supaya karya grafis yang telah kita buat tidak menjadi sia-sia.

1. Kesederhanaan
Secara lahiriah manusia menginginkan kesederhanaan dalam menerima informasi, siapa orang yang mau menerima informasi secara ”njelimet”?. Oleh sebab itu informasi harus dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan orang mencerna informasi kita. Namun hal yang jangan kita lupakan adalah sasaran informasi kita. Kepada segmen manakah informasi ini nantinya akan di sampaikan. Pesan yang terlalu verbal biasanya cenderung diremehkan oleh respondennya.

2. Kontras
Kontras di sini bermakna adanya penekanan terhadap elemen-elemen atau pesan yang disampaikan, tujuannya adalah untuk menarik perhatian. Misalnya dengan menggunakan huruf dengan style Bold atau italic, menggunakan kontras dalam warna, menggunakan font yang lebih atraktif, penekanan pada latar belakang atau memperbesar bagian tertentu yang ingin ditonjolkan.

3. Keseimbangan
Dalam penataan sebuah elemen grafis dalam halaman publikasi harus mengindahkan keseimbangan. Keseimbangan di sini bermakna keseimbangan yang formal, biasanya mengandung susunan yang simetris, sehingga mampu memberikan kesan formal, mapan dan dapat dipercaya.

4. Keharmonisan
Sebuah karya grafis dalam halaman publikasi harus memiliki harmoni (keselarasan), baik dalam bentuk maupun dalam warna.
Keharmonisan dalam bentuk artinya, keselarasan antara elemen gambar yang kita buat dengan ukuran publikasi itu sendiri. Ini berkaitan erat dengan penggunaan jenis huruf, ukuran dan susunannya.
Keharmonisan dalam warna artinya, keselarasan antara satu elemen gambar dengan warna tertentu dengan elemen gambar yang lainnya.Warna akan memberikan citra tertentu. Ini berkaitan dengan segmen yang dituju.

5. Stressing
Stressing ini berbeda dengan kontras, stressing bertujuan untuk memberikan titik-titik tertentu yang memperoleh fokus perhatian. Dalam sebuah karya grafis memungkinkan terdapat beberapa stressing. Namun kita harus hati-hati dalam memberikan stressing ini agar jangan sampai terjadi seolah-olah saling berebut perhatian.



No comments:

Post a Comment