November 15, 2008

Tentang Desain Grafis (2)

Seorang desainer tidak mempunyai alas an untuk mengulang elemen yang sama pada karyanya, karena tujuan dan penyampaian pesannya tidak akan pernah sama. Seandainyapun sama tentu dengan sebuah alasan kuat, misalnya dalam periode yang berbeda
Komponen yang harus dikuasai oleh seorang desainer grafis :
- Komunikasi Visual
- Typhography
- Ilmu tentang warna
- Anatomi
- Penggunaan Bahasa

Urutan proses penciptaan suatu desain grafis dari awal hingga hasil produk cetak dipublikasikan kepada khalayak :

1. Tetapkan tujuan publikasi
Kita harus mengetahui tajuan membuat publikasi, untuk memudahkan pekerjaan kita.

2. Siapa Pemberi Pesan
Kita harus mengetahui klien kita, seorang deainer mewakili si ”pemberi pesan”. Ini berkaitan dengan bunyi pesan, bahasa yang akan kita pakai. Jika klien kita sebuah perusahaan air minum mineral tentu pesan yang disampaikanpun berbeda dengan jika klien kita dari sebuah lembaga pendidikan.



3. Sasaran yang dituju
Penerima pesan kita adalah masyarakat. Tetapkan segmen mana yang akan menjadi sasara peblikasi kita, apakah itu mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, anak-anak, dsb.

4. Pentingnya sebuah materi yang disampaikan.
Walaupun memiliki desain yang cantik, namun penyampaian materi yang dangkal, sebuah publikasi akan sia-sia. Ini menjadi tugas kreatif dari copy writer. Dialah yang merancang materi yang akan disampaikan.

5. Menentukan Format Desain
Berupa poster, spanduk digital, atau brosur, berwarna atau berupa format black & white. Media apa yang digunakan, TV/radio, atau media cetak.

6. Menentukan Bentuk Pendistribusian Publikasi kita
Apakah publikasi kita hanya berupa selebaran yang akan dibagikan kepada siapa saja di pinggir ajalan, atau sebuah penawaran/ brosur yang dimasukan secara rapi ke dalam amplop dan dibagikan kepada perusahaan- perusahaan atau lembaga-lembaga.

7. Ingat Waktu ...!
Kapan sebuah brosur pendidikan dibagikan?.....kapan sebuah pesan discount Hari Raya disampaikan ? .....

8. Menentukan anggaran
Berapa biaya produksi, biaya kreatif desain?Biaya tim pendukung?
sebagai masukan bisa menggunakan rumus Thomas Dian feat. Ipung Motha

Hs= (A x B x V) (V/n) + (C x V)
-------------------------------------------------------------------

Hs= harga desain
A= upah harian buruh terendah di daerah tempat bekerja
B= nilai intelektualitas subyektif (Newbie = 3, Average = 6, Profesional = 12) (atau diantarnya)
C= biaya operasional (listrik, komputer, internet, transport, print, presentasi) (dihitung perhari)
n= jumlah hari kerja (1 hari kerja = 7jam)
V= beban pekerjaan (spesial request, tingkat kesulitan, konsep, artistik, dll) (dihitung hari)

Jika tahapan penciptaan desain grafis telah dilalui, maka jadilah sebuah rancangan desain grafis untuk dipublikasikan


No comments:

Post a Comment