November 4, 2008

Photoshop : Membuat Kartun

Tutorial ini dibuat sebagai jawaban pertanyaan Mas Bugishq, yang menanyakan pembuatan kartun pada Photoshop.



Pada pembuatan kartun di Photoshop, banyak melibatkan penggunaan palet layer (jadi jangan heran kalau nanti palet layer kita akan terlihat sangat ramai), juga kita akan menelusuri sisi gambar secara manual dengan menggunakan pen tools ini membutuhkan kesabaran.
Palet Layer : Jendela mengambang pada layer, yang berisikan gambar independen yang saling menumpuk satu sama lain.

Pertama
Buka foto dengan Photoshop.
Di sini saya menggunakan poto sahabat saya ’Kang Kris”. Atur tingkat terang gambar dengan pilih Image > Ajustments > Brightness/Contrast ... (usahakan gambar jangan terlalu gelap untuk memudahkan melihat perbedaan warna.




Kedua
Gandakan layer, caranya tekan ctr + J, untuk membuat backup gambar jika sewaktu-waktu kita memerlukan gambar asli.

Ketiga
Karena kita akan menggambar secara manual, maka kita harus mengurangi jumlah warna pada foto caranya pilih menu Image > Ajustments > Posterize ... pilih angka 3 atau 4.
Lalu gandakan lagi gambar yang sudah di posterize tadi (ctr + J), pilih Menu Filter > Blur > Gaussian Blur, tujuannya untuk mempertegas perbatasan antar warna untuk memudahkan menelusurinya.




Keempat
Sekarang kita mulai untuk menelusuri gambar, pilih Pen Tool tampak baris pilihan berubah saat kita memilih Pen tool. Baris Pilihan mengandung setting-setting yang bisa digunakan untuk memodifikasi perilaku tool yang sedang aktif. Pada Baris Pilihan pilih Shape Layer, yang mengijinkan kit membuat path pada sebuah layer baru. Atur warna.
Buatlah shape mengikuti area warna pada gambar, ulangi untuk membuat shape pada area warna yang lain.



Untuk memudahkan menggambar, kita bisa atur tingkat opacity gambar pada palet layer bahkan bisa diatur pada angka 0.




Untuk mengubah warna pada setiap layer shape, lakukan dengan cara melakukan klik 2 kali pada thumbnail layer-nya. Kemudian pilih salah satu warna.



Jika ada layer menutupi gambar yang sedang kita buat, kita bisa menyembunyikan layer yang menutupi gambar kita dengan menonaktifkan gambar mata yang terletak disebelahnya.
ulangilah lagi membuat bentuk shape pada semua bagian tubuh, hingga keseluruhan foto tertutup oleh bentuk-bentuk shape.
Untuk membuat background, kita bisa membuat layer baru dan diletakkan pada posisi bagian bawah, atur warnanya sehingga terlihat menarik.




Kelima
Jika semua gambar akan dijadikan satu, bisa dilakukan dengan memilih menu Layer > Flatten Image.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...



No comments:

Post a Comment