October 22, 2008

Photoshop : Memisahkan Foto dengan quick mask

Salah satu tool yang sering digunakan dalam proses editing pada Adobe Photoshop adalah Mode quick mask. Mode quick mask memungkinkan kita menggunakan seluruh perangkat pada photoshop untuk menyunting bingkai pemilihan. Di sini kita akan memisahkan gambar dari latar belakangnya, untuk dipindahkan pada objek lain.
1. Ambil gambar yang ingin kita pindahkan. File>Open ...






2. Tentukan titik awal yang baik, pada mode quick mask kita dapati bahwa bagian yang tidak dipilih akan terbungkus lapisan berwarna merah, istilahnya rubylith.
Pada gambar di atas kita akan memisahkan gambar dua manusia yang sedang berjabat tangan. Pilih Select>Color Range..., klik warna terang pada baju, tentukan nilai fuziness 124

3. Masuki mode quick mask

4. Pilih Paint brush, merupakan tool yang paling dasar untuk penyuntingan quick mask. Untuk mengaktifkannya tekan B.

5. Atur warna latar depan dan belakang, tekan D untuk menampilkan warna latar depan dan belakang secara default, yakni hitam dan putih. Untuk menukar warna kita tinggal tekan X aja. Lalu sapu gambar. Ingat daerah yang akan dipilih, kita sapu dengan warna latar depan putih. Untuk menambahkan rubylith, kita sapu dengan warna latar depan hitam.





Untuk melindungi daerah tertentu, kita bebas menggunakan tool pemilihan, misalnya menggunakan lasso tool atau yang lainnya. Atur pula kehalusan brush pada baris pilihan, yang letaknya di bawah baris menu.


6. Jika kita sudah mendapatkan mask yang dinginkan, tekan Q untuk beralih ke mode standar, keluar dari quick mask.

7. Geser gambar yang sudah dipilih tadi dengan menggunakan tool move ke dalam gambar yang akan dijadikan latar belakang baru.




Selamat mencoba.....

http://www.Aksaramedia.co.cc

No comments:

Post a Comment